Rabu, 04 April 2012

Kedondong montong dari Hongkong (2)

[... sambungan]

Kelompok o-ong pertama dengan makna bulat memanjang bisa kita temukan di bentuk lonjong. Makanan berbentuk seperti ini adalah lontong. Binatang berbentuk ini misalnya sotong. Hantu yang bulat memanjang  kita sebut pocong. Sementara fase ketika kupu-kupu masih terbungkus bulat memanjang, diberi nama kepompong.

Mengancam orang dengan senjata bulat memanjang disebut menodong. Mulut binatang yang bulat memanjang kita namakan moncong. Kalau kita sendiri yang memanjangkan mulut, itu disebut monyong.

Kelompok o-ong kedua memiliki makna berlubang, tidak berisi, hampa, hilang, atau kosong alias melompong. Ini jelas terlihat di kata bolong, lubang. Atau di bagian bawah kasur: kolong. Ketika gigi tanggal, ada bagian gusi yang tidak terisi: ompong. Atau ketika perut tidak terisi: keroncong.

Kaos yang memiliki bagian yang hilang, disebut oblong. Ucapan yang hampa adalah bohong. Hal yang tidak berisi disebut bodong.

Menghilangkan barang secara tidak sah, alias mencuri, disebut mencolong. Jika sekedar membawa, memboyong. Kalau terjadi dalam proses jual beli, memborong.

Bahasan ini kita tutup dengan suara anjing di malam yang sepi, sunyi, hampa: lolong.

Lema sebelum: Kedondong montong dari Hongkong (1)
Lema sesudah: Kata Indonesia untuk "spiral"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar