Rabu, 14 Maret 2012

Kurang bagusnya rokok dari sudut bahasa


Teman-teman perokok pasti teriak: Apa pula ini? Sabar dulu, ini bukan tambahan kritik atas rokok. Untuk itu sudah ada pegiat kesehatan, atau ustadz dan kiai yang meninjau dari sudut agama.

Seperti biasa, di sini kita akan mencoba melihat kaitan di antara kata-kata yang berakar sama. Beberapa teman rokok adalah bengkok, jongkok, bongkok, dan cangkok. Kalau kita amati, semuanya memiliki kaitan arti tidak lurus, melengkung, atau malah patah.

Bengkok, jelas tidak lurus. Ketika kita jongkok, posisi kita melengkung, tidak lurus. Orang yang bongkok, badannya tidak lurus. Dahan yang dipatahkan, kemudian disambung dengan yang lain, disebut dicangkok.

Kata lain adalah cekok, bermakna memaksa orang lain memakan sesuatu. Juga bukan sesuatu yang manis. Paling enak barangkali mangkok, alat makan yang melengkung, tidak ceper lurus seperti piring.

Mangkok bervariasi di mangkuk. Kebetulan bongkok juga bervariasi di bungkuk. Jadi kita akan teruskan mencari teman rokok di bunyi kuk.

Yang kita dapat adalah lekuk, tekuk, bekuk. Dan ini semua lagi-lagi memiliki makna tidak lurus. Lekukan tubuh adalah bagian badan yang tidak lurus. Kita menekuk sesuatu menggunakan tangan yang dilengkungkan. Membekuk seseorang berarti menangkap dengan jalan melengkungkan tubuh kita ke badan dia.

Kesimpulan? Apakah memang rokok bukan sesuatu yang lurus?
Lho, kok malah nanya?

Lema sebelum: Air dan berakhirnya Orde Baru
Lema sesudah: Burung cenderung bertarung di atap warung 

2 komentar:

  1. Betul tidak lurus,karena rokok dibuat dengan cara dilinting,kertas yang lurus dibuat jadi bengkok terus saya belum pernah menemukan tembakau yang lurus pada rokok,dan orang yang sedang mengisap rokok juga mulutnya tidak lurus,bengkok ke depan alias monyong... kesimpulannya merokok bisa membuat wajah jadi kurang enak dilihat ya bah. karena bibirnya seperti balapan dengan hidung.

    BalasHapus
  2. Hm... kertas lurus digulung/dilinting jadi melengkung? Kedengarannya penjelasan yang layak dicatat.

    BalasHapus