Rabu, 07 Maret 2012

Air dan berakhirnya Orde Baru


Sebelum ini kita sudah melihat kaitan antara air dengan bunyi "bur". Jika si air ini mengalir banyak dan deras, tanpa hambatan, orang tua kita dulu memiliki bunyi lain untuk menggambarkannya: car-cur-cor. Mereka mewariskan kepada kita kata memancar, mengucur atau mengocor.

Kita warisi pula dari mereka kata-kata lain yang bermakna mirip. Misalnya lancar, jika sesuatu berjalan tanpa hambatan. Atau gencar, bila sesuatu bergerak terus-menerus, tanpa henti. Juga mencecar, yaitu ketika kita menghujani orang terus-menerus dengan ucapan, pertanyaan, dsb. Kemudian berpencar apabila banyak orang bergerak ke berbagai arah. Bila gerakan ini cepat dan tidak menentu, kita sebut kocar-kacir.

Di atas sudah kita lihat mengucur, yang juga berarti mengalir. Jika sesuatu mengalir kencang, juga tanpa hambatan, kita katakan meluncur. Air yang mengalir bertebaran ke mana-mana kita sebut memancur (dan kakek-nenek kita dulu mandi, nyuci, dsb. di bawah pancuran). Jika yang bertebaran ini benda padat, karena pecah, dan dia berantakan ke mana-mana, kita istilahkan hancur.

Dari bunyi cor tidak banyak kata yang terbentuk. Selain mengocor, kita barangkali hanya mengenal bocor, yaitu ketika air mengalir melalui lubang atau retakan.

Kembali ke kata luncur. Tampaknya kata ini bervariasi di lungsur, yang juga berarti mengalir turun. Ini berkerabat dengan longsor, yang menunjukkan turunnya tanah atau bebatuan. Menariknya, variasi ini berlanjut ke vokal "e", di mana kita mengenal kata lengser, yaitu ketika seseorang turun dari jabatannya. Dan peristiwa ini yang mengakhiri era Orde Baru beberapa tahun silam.

Lema sebelum: Paradoksi ikan kakap
Lema sesudah: Kurang bagusnya rokok dari sudut bahasa 

2 komentar:

  1. untuk cor ada kata lainnya bah.. "moncor" kalau kita lagi "ucing-ucingan",artinya mirip bocor, melewati lubang yang tidak terlalu besar.

    BalasHapus
  2. Moncor? Udah lama nggak denger kata ini. Belasan tahun mungkin. Makasih udah ngingetin.
    Barusan buka KBBI dan memang artinya mengalir, plus juga kalau orang lagi banyak buang air ... ;-) Memang masih keturunan carcurcor.

    BalasHapus